Jumat, 02 November 2018

REPORTASE FILSAFAT PENDIDIKAN 30 OKTOBER 2018


Reportase Mata Kuliah Filsafat Pendidikan
30 Oktober 2018

Pendidikan dan Pengajaran


          Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia)  Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Pendidikan adalah Bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.

         Pendidikan dan pengajaran merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Pendidikan dan pengajarn juga dapat disebut Taalim dan Tarbiah dalam Bahasa arab. Pengajaran merupakan bagian dari pendidikan.
Pengajaran memberikan pengetahuan tentang laku atau tuntutan untuk mencapai tujuan contohnya seseorang yang sebelumnya tidak bisa menjahit menjadi bisa menjahit berkat pengajaran.
Dengan demikian pendidikan merupakan tempat atau wadah yang dilakukan oleh semua orang dalam menuntut ilmu yang memiliki tujuan untuk mencerdaskan baik dalam ilmu serta perilaku seseorang, sedangkan pengajaran merupakan pengetahuan yang didapatkan oleh seseorang atau sekelompok orang. 

     Pendidikan akan berhasil apabila didukung dengan proses pengajaran yang baik. Proses pengajaran akan berjalan dengan baik apabila sumber belajar itu sendiri pula baik. Sumber belajar yang dimaksud yaitu guru sebagai pengajar, teman, lingkungan belajar, serta perangkat pembelajaran yang memadai. Dengan demikian dapat memudahkan seseorang dalam melaksanakan pendidikan dan mengenyam pengajaran dengan baik.

 Trisca Camelia
7C
15120121


REPORTASE FILSAFAT PENDIDIKAN 2 OKTOBER 2018


Reportase Mata Kuliah Filsafat Pendidikan
Selasa, 2 Oktober 2018


Tokoh Pendidikan di Indonesia : Ki Hajar Dewantara


            Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara merupakan proses pembudayaan yakni suatu usaha memberikan nilai-nilai luhur kepada generasi baru dalam masyarakat yang tidak hanya bersifat pemeliharaan tetapi juga dengan maksud memajukan serta memperkembangkan kebudayaan menuju ke arah keluhuran hidup kemanusiaan.
Pendidikan berawal dari rasa kemerdekaan. Kemerdekaan itu sendiri memiliki pengertian yaitu memahami batasan-batasan dalam kehiduppan. Kemerdekaan menurut Ki Hajar Dewantara sendiri yaitu:
·         Berdiri Sendiri
·         Tidak Bergantung Pada Orang Lain
·         Dapat Mengatur Dirinya Sendiri
Sistem pengajaran yang dilakukan Ki Hajar Dewantara yaitu yang selaras dengan kehidupan bangsa. Pengajaran yang dilakukan berdasarkan asas-asas dalam kehidupan sehari-hari yaitu kekeluargaan, adab, kejiwaan, kesenian, moral, dan lainnya.
System pendidikan yang diprakarsai oleh Ki Hajar Dewantara diimplementasikan oleh Negara Finlandia dan  itu berhasil. Finlandia sekarang ini merupakan Negara yang memiliki system pendidikan terbaik didunia. Lalu mengapa bangsa Indonesia tidak ? hal tersebut karena kelalaian yang dilakukan masyarakatnya. Kita melupakan pemikiran terbaik yang telah diciptakan oleh tokoh pendidikan kita sendiri sehingga cita-cita untuk membangun pendidikan yang maju belum tersealisasikan dengan baik.
                                                Trisca Camelia
7 C
15120121