Jumat, 02 November 2018

REPORTASE FILSAFAT PENDIDIKAN 16 OKTOBER 2018


Reportase Mata Kuliah Filsafat Pendidikan
16 Oktober 2018

Menurut Ki Hajar Dewantara ada tiga hal yang mewakili klasifikasi pendidikan yaitu ruang, roh dan wadah (jasad). Manusia adalah ciptaan Allah yang paling akhir sesudah adanya ciptaan yang lainnya yaitu alam beserta isinya karena manusia dianggap ciptaan yang paling bisa merangkul semua alam menjadi obyek untuk mengenal Allah. 
Seperti yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya yaitu :
Pendidikan berawal dari rasa kemerdekaan. Kemerdekaan itu sendiri memiliki pengertian yaitu memahami batasan-batasan dalam kehiduppan. Kemerdekaan menurut Ki Hajar Dewantara sendiri yaitu:
·         Berdiri Sendiri
·         Tidak Bergantung Pada Orang Lain
·         Dapat Mengatur Dirinya Sendiri
Pada bagian ke tiga dalam membentuk sistem pendidikan nasional maka harus dapat mengatur dirinya sendiri atau mengenali dirinya sendiri. Jika kita bisa mengenali dirinya sendiri berarti kita dapat mengenali mengenai ciptaan Tuhan, seperti alam semester beserta isinya, dan manusia diciptakan paling terakhir karena manusia adalah ciptaan yang dapat menampung isi semestenya, merangkul dan mengelola alam semesta.
Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran kesadaran. Kkesadaran akan dirinya sendiri dalam melakukan suatu hal. Manusia memiliki akal, sebab itu manusa perlu memahami kesadaran dirinya sendiri.  Manusia merupakan makhluk yang memiliki Asma atau Nama. Dengan nama itu sendiri manusia memiliki makna masing-masing. Selain itu manusia merupakan titah Tuhan, yang memiliki jasmani dan memiliki rohani. 

Trisca C
15120121

Tidak ada komentar:

Posting Komentar